Ekuitas Merek Sebagai Strategi untuk ‘Menyalip’ Pemain Lama

Apa yang Anda pikirkan tentang Pizza Hut? Kalau Fitsa Hats bagaimana? Tentu kedua merek tersebut memiliki arti yang berbeda di benak Anda. Nah, begitu pula kekuatan merek produk Anda di mata konsumen.

Merek merupakan identitas, sama halnya sebuah nama yang melekat pada setiap orang. Coba Anda pilih tiga nama rekan kerja atau rekan bisnis Anda. Pasti ketiga nama tersebut memiliki asosiasi yang berbeda di pikiran Anda.
Ada si ‘A’ yang lihai berbisnis, tetapi lihai juga saat menipu. Ada si ‘B’ yang suka mengambil risiko, tetapi kerap sukses dan berhasil. Ada pula si ‘C’ yang lambat berinovasi dan lebih suka mengikuti ke mana tren pasar sedang bergerak.

Pun demikian dengan merek bisnis Anda. Merek akan memberikan gambaran singkat tentang produk dan bisnis Anda, baik sisi positif maupun sisi negatif. Persepsi dan citra merek merupakan dua hal dasar yang memengaruhi ekuitas sebuah merek.

Bagi Anda yang belum tahu, ekuitas merek merupakan nilai merek yang bersifat intangible ‘tidak nyata’, seperti nama, simbol, citra ‘image’, persepsi, gambaran kualitas, dan nilai lain dari sebuah produk, jasa, ataupun bisnis.
Kekuatan dari merek inilah yang akan memengaruhi keputusan membeli bagi konsumen. Oleh sebab itu, ekuitas merek yang baik akan berdampak baik pula bagi perusahaan/ bisnis Anda.

Bagi bisnis baru, kekuatan merek dapat digunakan untuk ‘menyalip’ pemain lama. Mengapa demikian? Pasalnya, merek dapat digunakan untuk menciptakan persepsi dalam benak konsumen. Tentu saja, tergantung dari bagaimana merek itu ‘dikemas’.

Merek yang baik memiliki beberapa kriteria, seperti: mudah diingat, memiliki makna yang sesuai dengan produk/jasa yang ditawarkan, unik, fleksibel, dan sah secara hukum. Tidak mudah untuk membangun merek yang memenuhi kriteria-kriteria tersebut. Oleh sebab itu, banyak pengusaha yang melibatkan jasa pembuatan merek dalam membangun reputasi produk/jasanya.

Namun, pemilihan jasa pembuatan merek perlu Anda lakukan untuk mendapatkan hasil terbaik. Beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan antara lain:

• Melihat reputasi dan rekam jejak dari penyedia jasa pembuatan merek
• Desain dan portofolio perusahaan
• Legalitas
• Layanan konsultasi
• Biaya

Bersikap selektiflah dalam memilih jasa pembuatan merek yang tepat, karena merek merupakan investasi jangka panjang bagi bisnis Anda. Kegagalan pemilihan merek akan memberi kerugian bagi bisnis Anda saat ini dan juga di masa depan. Pun demikian sebaliknya.

Comments

comments