Ini Dia Cara Memilih Hosting Terbaik

Kecepatan menyebarkan informasi tentang jasa, produk, layanan publik, dan yang lainnya merupakan salah satu tolak ukur keberhasilan bisnis perorangan atau perusahaan. Dan di saat itulah Anda membutuhkan sebuah layanan web sebagai sarana promosi, penyebaran informasi, dan media berbisnis sekaligus.

Nah, jika Anda ingin membuat web, maka Anda harus terlebih dulu berlangganan hosting pada sebuah perusahaan penyedia jasa pembuatan website terbaik. Kecuali jika Anda mampu membuat web server sendiri.

Penyedia web hosting biasanya sudah menyediakan berbagai fasilitas web. Seperti control panel, e-mail, account, database, dan lainnya. Untuk memilih hosting yang baik, ada beberapa fasilitas pendukung yang harus Anda perhatikan, yaitu:

• Dukungan layanan yang baik dan selalu bisa dihubungi
Hal ini penting karena Anda sewaktu-waktu akan membutuhkan bantuan untuk melakukan pengaturan/setting pada situs yang Anda kelola.

Walaupun misalnya ada beberapa hal yang bisa dilakukan melalui interface layanan pelanggan yang umumnya disediakan oleh penyedia hosting, tetapi tentunya akan lebih menenangkan jika ketika terjadi masalah, ada seseorang atau tim ahli yang siap menjawab berbagai pertanyaan Anda.

• Dukungan hardware dan jaringan yang baik
Dukungan dan jaringan yang baik juga penting untuk mencegah kemungkinan kegagalan pada situs Anda. Adapun pilihan jaringan yang baik adalah yang sesuai dengan target pengunjung situs. Jika target pengunjung bukan hanya masyarakat lokal dalam negeri, maka akan lebih baik jika Anda menggunakan hosting yang memiliki dukungan jaringan besar di luar negeri.

Sebaliknya, Jika target pengunjung hanya difokuskan dari dalam negeri, maka Anda bisa memilih hosting yang memiliki dukungan jaringan di IIX.

Dalam pemilihan jaringan IIX usahakan memilih hosting yang mempunyai server di dua simpul jaringan IIX. Karena di Indonesia, jaringan IIX terbagi atas dua bagian, yaitu Telkom dan Indosat.

• Pilihlah ragam web hosting yang sesuai dengan kebutuhan Anda.
Anda bisa memilih antara shared web hosting, virtual private server hosting (VPS), atau dedicated server.
Shared web hosting adalah web server yang digunakan beramai-ramai oleh banyak webmaster sekaligus. Kelebihannya terletak pada harganya yang murah. Namun karena digunakan secara beramai-ramai, ketika web server overload, server akan down sehingga tidak bisa diakses oleh pengunjung.

Virtual private server hosting (VPS) adalah web server yang disediakan untuk beberapa klien saja, dan masing-masing klien mendapat jaminan kepastian minimal memori untuk website yang akan dikelolanya.
Karena digunakan oleh sedikit orang, akses ke VPS juga jauh lebih cepat dibandingkan ke shared web hosting.

Dedicated server cocok bagi Anda yang memiliki website padat trafik dan sama sekali tidak terganggu oleh para webmaster lain dalam satu server. Server ini cocok bagi Anda yang bermaksud membuka usaha web hosting provider sendiri.
Itulah beberapa cara dalam memilih hosting untuk website Anda. Agar lebih jelas, cobalah untuk menanyakannnya pada jasa pembuatan website terbaik yang ada di dekat Anda. Semoga bermanfaat.

Comments

comments